Rabu, 16 Mei 2012

PENGGUNAAN BAHASA


                                       PENGGUNAAN BAHASA
Bahasa memang hal yan paling penting ketika kita berkomunikasi dengan seseorang, karena ketika kita ingin menyampaikan perasaan atau mengungkapkan pikiran kita, pasti dengan menggunakan bahasa.  Ada yang menyebutkan bahwa bahasa seseorang itu mencerminkan kepribadian seseorang. Banyak orang yang saling berselisih atau seseorang itu makin akrab denga yang lain karena bahasa yang digunakan seseorang itu. Oleh karena itu jagalah bahasa yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari, karena ada ungkapan bahwa ucapan adalah doa. Kita harus pintar-pintar mengetahui mepakaian bahasa yang kita gunakan. Kita juga harus bisa menyesuaikan bahsa kita kengan orang yang kita jak bicara, supaya tercitanya komunikasi yang baik.
Berkomunikasi tidak hanya ketika mengoblol langsung denga orang yana kita jak bicara, tetapi juga berkomuikasi dapat kita lakuakan ketika kita berpidato, berceramah, menulis surat atau yang lainnya. Kita haru biasa menyesuaikan bahasa yang kita gunakan denga orang yang kita ajak bicara, misalnya ketika kita sedanga berpidato atau kita sedang melakukan ceramah di kampong-kampung, bahasa yang kita gunmakanpun harus disesuaikan dengan orang-orang tersebut, kita jangan menggunakan baha-bahasa ilmiah yang tidak dimengerti oleh orang-orang yang mendengarkan pidato kita, karena apabila kita menggunakan bahasa ilmiah atau bahasa yang kurang dimengerti oleh mereka maka isi materi yang kita sampaikan tidak akan sampai atau tidak akan bida dimengerti oleh mereka yang mendengarkannya.
Begitu pula ketika kita berbicara denga orang yang umurnya di atas kita atau lebih tua dari kita, kita harus menggunakan kata-kata yang santun. Jangan samakan bahasa kita yang kita gukan dengan sehari-hari denga teman kita kemdian kiata gunakan denganbahasa yang kita gukana ketika kita berbicata ke orang yang umurnya lebih tua dari kita.
Kemudian ketika kita sedang erasa emosi kepada seseorang kiata kijuga harus sebisa munggin mengontrol bahasa yang akan kita gunakan, karena ketika kita sedang emosi kita biasanya tidak bisa mengontro bahasa yang kita keluarkan. Banyak dari mereka ketika mereka sedang emosi, mereka mengeluarkan kata-kata yang kasar tau kurang baik yang kemuadian akan memperburuk suasana dianatara mereka.
Pada intinya selain kita cerdah intelektual, kita juga harus cerdas emosional (dapat mengendalikan perkataan kita ketika sedang emisi) dan cerdas sosial (dapat menyesuaikan perkataan kita dengan situasi dan orang yang kita ajak berbicara).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar