Senin, 31 Desember 2018

Tidak berharap kepada manusia

Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.” (Ali bin Abi Thalib)


Hadist tersebut telah menyadarkan kita untuk tidak terlalu berharap atau bergantung kepada maunia. Hadist tersebut pula menyadarkan kita untuk selalu bersaha dan melakukan segala sesuatu secara mandiri tanpa berharap kepada orang lain. Selagi kita mampu melakukannya sendiri, lakukan lah segala pekerjaan dengan kemampuan kita tanpa mengharao bantuan dari orang lain, karena apabila kita sudah berharap kepada orang laindan orang lain tersebut tidak membatu kita pasti akan ada rasa sedih atau sakit hati. Selalu bergantung lah dan berharap hanya kepada Alloh. Alloh akan     Allah akan selalu membantu kita Allah akan selalu membantu kita dan Allah pun akan selalu memenuhi segala kebutuhan yang kita butuhkan. Allah tidak akan mengecewakan umatnya walaupun misalnya Allah belum memenuhi kebutuhan atau keinginan yang kita inginkan, mungkin Allah Sedang mempersiapkan sesuatu yang lebih indah dari yang kita inginkan.

Alloh Swt, berfirman "Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” [Ar-Ra’d/13:11].

Dalam kutipan Ayat tersebut Allah memberi tahu kepada kita bahwa kita harus terus berusaha untuk merubah diri kita menjadi lebih baik lagi. Allah tidak akan mengubah hambanya menjadi lebih baik tanpa adanya usaha yang ia lakukan. Berdasarkan kutipan hadits dan kutipan surat di atas menyadarkan kita untuk selalu berusaha semaksimal mungkin segala pekerjaan yang kita lakukan tanpa mengharapkan bantuan atau pujian dari orang lain. Kita harus selalu menggantung kan harapan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Hanya allah-lah yang dapat membantu kita dimanapun dan kapanpun. Kita pun harus selalu yakin bahwa Allah akan membantu kita dan Allah tidak akan membuat umatnya kecewa.

Yang harus kita lakukan hanya berusaha semaksimal mungkin tanpa mengharapkan bantuan dari orang lain dan selalu berdoa hanya berharap kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar