Sabtu, 22 Desember 2018

Keinginan dan kenyataan

Semua orang pasti memiliki keinginan dalam menjalani hidupnya. Namun terkadang keinginan dan kenyataan bertolak belakang, hal tersebutlah yang disebut dengan masalah. Contoh: kita menginginkan suatu barang yang menurut kita barang tersebut mewah, kita sangat menginginkan barang tersebut namun kenyataanya uang kita tidak cukup dan kita pun tidak bisa mendapatkan barang tersebut. Hal tersebutlah yang disebut dengan masalah, atau dapat dikatakan salah satu masalah muncul dalam kehidpoan kita.

Dalam menjalani kehidupan masalah pastilah ada, namun wujudnya saja yang berbeda. Masalah yang pada dasarnya sepele atau kecil bisa jadi besar, dan sebaliknya masalah tersebut besar, namun terlihat kecil. Masalah yang kita hadapi sebenarnya simpel, namun karena kita menyikapinya terlalu rumit atau jalan berpikir kita untuk menyelesaikan masalah tersebut terlalu rumis, masalah tersebutpun akan terlihat rumit dan masalah tersebut akan mempengaruhi kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Begitupun sebaliknya, kita memiliki masalah yang cukuo rumit, namun kita menghadapi masalah tersebut dengan cukup santai dan menggantungkan segala urusan kita kepada Sang Maha kuasa, masalah tersebutpun akan terlihat kecil dan sepele. Selain itu, dengan bersikap seperti itu pun akan berpengaruh pula dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Walaupun sebenarnya kita memiliki masalah yang cukup rumit, namun kita masih tetap bisa tersenyum, optimis,  dan melakukam semua aktivitas dengan sebaik mungkin.

Intinya, masalah dalam kehidupan itu pasti ada dan akan selalu ada. Semua itu bukan tentang masalahnya, namun tentang bagaimana cara kitaemghadapi dan menyikapi masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar