Rabu, 05 Juni 2013

RAHASIA DIBALIK UCAPAN SALAM



Bagi kita yang beragama islam, sangat sering dan mudahnya mengucapkan salam “Assalammualaikum wr.wb” dan ketika  kita yang mendengar, kita dengan mudahnya juga menjawab salam tersebut, “waalaikum salam wr.wb”. Namun, saking terbiasanya  mengucapkan dan menjawab salam, kita hampir lupa dengan makna yang terkandung dari ucapan salam tersebut. 
Agama islam mengajarkan kita mengucapkan salam dengan ucapan “Assalammualaikum wr.wb”, tidak dengan ucapan selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan selamat malam. Kalian tahu mengapa?, karena ucapan  salam “Assalammualaikum wr.wb”dan jawaban salam “Waalaikumsalam wr.wb” mengandung makna yang sangat banyak, dibandingkan dengan ucapkan selamat pagi, siang, sore dan malam, yang tidak mengandung makna apa-apa. Selain itu apabila kita pikir, makna kata dari selamat pagi, siang, sore dan malam, hanya mengucapkan selamat pada pagi,siang sore dan malam saja.
Dilihat dari arti “Assalammualaikum wr.wb” yang artinya, keselamatan untukmu, selain itu arti dari ucapan walaikumsalam yaitu “keselamatan untukmu juga”. Dari hal sederhana tersebut, sudah mengandung makna saling mendoakan keselamatan dengan sesama muslim.  Makna dari ucapan assalam mualiakum dan waalaikum salam tidak hanya saling memberi doa saja dengan sesama muslim, namun masih banyak lagi rahasia yang terkandung dari usacapan Assalammualaikum dan Waalaikum salam, diantaranya yaitu:
Pertama  
Sebagaimana yang telah dibahasa di awal pembicaraan, dengan mengucapkan salam berarti  kita saling mendoakan sesama muslim. Ada hadis yang mengatakan “Tidak sempurna keimanana seorang dari kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya sebagaimana ia mencintai untuk dirinya” ( HR Bukhari dan muslim ). Hadis tersebut sudah jelas, memberitahukan bahwa kita harus saling mencintai/menyayangi sesama muslim. Salah satu cara mencintai/menyayangi sesama muslim yaitu dengan cara saling mendoakan yaitu salah satu hal yang mudah, melalui ucapan salam “Assalammualaikum”.   
Kedua  
Dengan mengucapkan salam kepada sesama muslim, berarti kita telah melakukan sebuah amal soleh, sehingga kita mendapatkan pahala dari amal soleh tersebut. Hal itu sesuai dengan yang telah di sampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah peristiwa, “ada seorang laki – laki  dihadapan rosullullah Saw dalam sebuah majlis, kemudian mengucapkan Assalamu’alaikum, Beliau mengatakan :“ baginya sepuluh kebaikan “. Lalu lewat lelaki lain seraya mengucapkan Assalamu’alaikum warohmatullah , Rosullullah mengatakan: “baginya duapuluh kebaikan”, Lalu lewat laki-laki lain seraya mengatakan Assalamu’alaikum warohmatullaahi wabarokaatuh, Maka beliau mengatakan: “baginya tiga puluh kebaikan “.(HR Bukhori dalam kitab Al-adab al-mufrod no.986 ).
Hadis tersebut jelas, menjelaskan mengenai ganjaran bagi orang yang mengucapkan dan menjawab salam.
Ketiga
Ketika kita mengucapakan dan menjawab salam, hal tersebut akan menumbuhkan rasa persaudaraan dengan sesama muslim. Sebaliknya kebencian dan dengki serta hal negatif lainnya yang ada pada diri seseorang, berangsur-angsur akan mulai hilang, karena saling sapa dengan salam. Sebagaimana Rosullulah SAW sabdakan: “ Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukan sebuah amalan yang apabila kalian amalkan maka kalian akan saling mencintai ? sebarkanlah salam diantara kalian “ ( HR Muslim no 194 ).
Itu lah, beberapa rahasia di balik mengucapkan dan menjawab salam. Jadi kita jangan menganggap eteng ucapan “Assalammualikum wr.wb” dan “waalaikum salam wr.wb”. sebab banyak manfaat yang akan kita peroleh dari ucapan tersebut.
Setelah kita mengetahui rahasia dibalik ucapan salam. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang  menyebarkan salam. Semoga Allah swt memuliakan kita, dan semoga akan menghilangkan kedengkian di dalam hati kaum muslimin. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar